web log free Apakah Kamu Tahu Kalau Kuliah Jurusan Ekonomi Tidak Hanya Akuntansi? Berikut Ulasannya!

Apakah Kamu Tahu Kalau Kuliah Jurusan Ekonomi Tidak Hanya Akuntansi? Berikut Ulasannya!

Saat akan masuk ke jenjang perkuliahan tentunya kamu akan dihadapkan dengan beragam pilihan studi yang mana harus kamu sesuaikan dengan passion atau ketertarikan kamu pada suatu bidang tertentu. Apakah kamu salah seorang yang memilih jurusan pada bidang dengan banyak peminat? Kuliah jurusan ekonomi misalnya? Jurusan dengan peminat yang banyak di seluruh Indonesia ini tentu sudah tidak asing lagi didengar. Pada dasarnya ilmu ekonomi ini terbagi menjadi dua yaitu ekonomi deskriptif dan teori ekonomi. 

Di berbagai perguruan tinggi seperti Universitas Indonesia (UI), ilmu ekonomi ini berdiri sebagai sebuah fakultas dengan turunan jurusan di bawahnya mulai dari akuntansi hingga ilmu manajemen. Pada kampus ternama seperti Universitas Indonesia tentu saja ilmu ekonomi memiliki reputasi yang tinggi di bidangnya sebab telah melahirkan berbagai ilmuwan serta lulusan ternama dengan kontribusi yang nyata bagi Indonesia. Namun, kebanyakan masyarakat hanya mengetahui segelintir saja pada kuliah jurusan ekonomi. Berikut ini kamu akan mengetahui berbagai jurusan lainnya pada ilmu ekonomi.

Jurusan Akuntansi

Pertama, jurusan yang paling banyak dikenali oleh masyarakat dan dikenal sebagai jurusan yang mempelajari tentang cara pencatatan laporan keuangan hingga penilaian informasi keuangan. Para mahasiswa di jurusan ini akan mendapatkan berbagai mata kuliah seperti pengantar akuntansi, akuntansi sektor publik, akuntansi biaya, akuntansi anggaran, hingga perpajakan dan mata kuliah tentang audit keuangan.

Jurusan ekonomi satu ini dikenal sebagai salah satu jurusan dengan peluang kerja yang cukup tinggi dengan prospek kerja mulai dari profesi aktuaris, konsultan manajemen, konsultan kredit perumahan, analis data keuangan, ahli ekonomi, banker retail, serta arbitrator.

Kuliah Jurusan Ekonomi
Kuliah Jurusan Ekonomi

Jurusan Ilmu Aktuaria

Jurusan satu ini dapat dikatakan sebagai salah satu jurusan yang relatif baru sejak 2017 dan hingga saat ini masih menjadi jurusan yang cukup langka sebab tidak semua perguruan tinggi membuka jurusan ini. Aktuaria mempelajari ilmu matematika yang berkaitan dengan risiko asuransi seperti investasi, perbankan, serta industri lain pada bidang ekonomi. Namun, jurusan ini justru berada dibawah fakultas matematika dan ilmu pengetahuan alam.

Alumnus jurusan aktuaria memiliki prospek kerja sebagai seorang aktuaris pada sebuah perusahaan asuransi ataupun lembaga penjamin risiko. Selain itu, bisa juga menjadi seorang peneliti dan dosen, hingga menjadi aktuaris konsultan yang memiliki firm sendiri.

Ilmu Manajemen

Selanjutnya, jurusan yang bisa dikatakan sebagai rival dari jurusan akuntansi sebab kedua jurusan ini memiliki peminat yang hampir sama banyaknya. Mahasiswa pada jurusan ini akan mendapatkan mata kuliah tentang penerapan keuangan bisnis, marketing, manajemen strategis, hingga manajemen kewirausahaan. 

Sedangkan prospek bagi lulusan manajemen juga cukup menjanjikan. Prospek kerja di bidang ekonomi dan keuangan seperti product manager, sales, pegawai bank, pegawai asuransi, market researcher, hingga bagian dari operasional serta logistik.

Ilmu Administrasi Fiskal

Jurusan ini merupakan jurusan yang mempelajari tentang ilmu perpajakan dari berbagai macam sudut pandang atau perspektif. Perlu diketahui bahwa lulusan jurusan ini banyak dicari oleh berbagai perusahaan BUMN untuk dijadikan sebagai pegawai keuangan atau konsultan perpajakan. Di Universitas Indonesia (UI) jurusan ini dijadikan sebagai Fakultas Ilmu Administrasi. Mahasiswa jurusan ini nantinya akan memahami kebijakan serta administrasi perpajakan baik secara mikro maupun makro.

Tentunya pada jurusan ini juga memiliki prospek kerja yang juga menjanjikan lainnya. Dengan kuliah pada jurusan  ini kamu akan merasakan dampaknya di masa mendatang,

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top