Kenali 5 Jenis Tapak Ban Mobil Terbaik Sebelum Membeli

Tapak atau alur ban merupakan salah satu bagian ban mobil yang fungsinya sangat vital. Pasalnya, tapak ban yang tepat bisa membuat berkendara lebih nyaman dan aman. Tapak ban sendiri biasanya berbeda-beda untuk setiap jenis jalanan. Jika ingin mendapatkan ban mobil terbaik, maka Anda harus mengenali jenis-jenis tapak ban dalam artikel ini.  

5 Jenis Tapak Ban Mobil Terbaik yang Perlu Anda Kenali

Tidak usah berlama-lama, berikut ini adalah jenis tapak ban yang perlu Anda ketahui:

1. Tapak Ban Simetris

Salah satu jenis tapak ban yang paling populer adalah tapak ban simetris. Tapan ban ini memiliki alur yang sama, termasuk bagian dalam dan luar ban. Ciri khas lain yaitu memiliki pola tapak ban yang berhubungan dengan tulang ban pada setiap lekukan. Sementara tipe alurnya yaitu tipe alur block yang juga sangat sering dipakai.

Tapak ban simetris memiliki fungsi yang sama untuk bagian dalam dan luar. Selain itu, biasanya ban simetris hanya memiliki satu arah pembuangan air ketika musim hujan. Dari berbagai ciri khas tersebut, tapak ban simetris memiliki keunggulan yaitu nyaman untuk berbagai kondisi jalan, baik itu kering maupun hujan.

2. Tapak Ban Asimetris

Kebalikan tapak ban simetris tentu saja adalah tapak ban asimetris. Karena berkebalikan, maka tapak ban asimetris ini memiliki alur yang berbeda untuk bagian dalam dan luar ban. Perbedaan tersebut tentu saja bukan tanpa alasan.

Setiap alur ban pada tapak asimetris memiliki fungsi masing-masing. Sisi lur berfungsi untuk membuang air ke arah luar ban. Sementara sisi dalam berfungsi untuk memperluas bidang yang nantinya bersentuhan dengan medan misalnya aspal. 

Biasanya, sisi luar tapak atau alur ban asimetris cenderung lebih besar dibandingkan sisi dalamnya. Kelebihan dari ban ini yaitu memiliki daya cengkeram yang lebih baik sehingga tetap stabil meskipun dipakai untuk mengerem ataupun menikung. 

3. Tapak Ban Satu Arah

Jenis tapak ban mobil terbaik selanjutnya adalah tapak ban satu arah. Ciri khasnya sangat mudah untuk diketahui. Tapak ban satu arah memiliki alur yang mirip dengan huruf V. 

Kelebihannya yaitu bisa membuang air dengan lebih baik, bahkan mampu membuang air ke dua arah sekaligus. Proses pemasangan tapak alur satu arah tidak boleh sembarangan karena bisa mengganggu fungsi dan performanya. 

4. Tapak Ban Slick

Ban slick merupakan tapak ban yang identik dengan mobil balap. Kelebihan tapak ban slick yaitu memiliki daya cengkram yang sangat baik. Selain itu, tapak ban ini juga minim getaran saat dipakai dalam kecepatan tinggi. Meskipun begitu, tapak ban slick memiliki kelemahan yaitu kurang cocok untuk jalanan kering.

5. Tapak Ban Eco

Jenis tapak ban terakhir yang perlu Anda ketahui adalah tapak ban eco. Sesuai dengan namanya, tapak ban eco ramah lingkungan karena mampu menghemat bahan bakar. Ciri khasnya yaitu lebar tapaknya cenderung kecil serta memiliki motif alur yang cukup simple. Kelemahan tapak ban eco yaitu licin dan mudah slip sehingga harus berhati-hati di jalanan basah.

Rekomendasi Merk Ban Berkualitas untuk Anda

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan merk ban mobil terbaik Dunlop, kan? Merk bertaraf internasional ini sudah dipercaya oleh banyak masyarakat Indonesia. Pasalnya, ban yang ditawarkan jelas berkualitas sehingga aman untuk berkendara. Selain itu, jenis ban mobil yang ditawarkan juga sangat lengkap. Anda bisa menemukan ban mobil Sport, Comfort, Eco, SUV & 4WD, Standard, hingga Commercial. Setiap jenis ban mobil memiliki tipe tapak ban yang berbeda-beda. Anda bisa memilih sendiri sesuai selera dan kebutuhan. Lihat semua produk yang ditawarkan dengan mengunjungi Dunlop Shop atau official website-nya.


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *